Manfaat Teknologi Informasi dalam Sipil

Perkembangan di bidang TIK dari masa ke masa sangat pesat dan perannya dalam kehidupan manusia dapat dirasakan dalam berbagai bidang kegiatan kehidupan manusia, baik secara individu ataupun kelompok (organisasi atau perusahaan).Semakin terjangkaunya harga komputer mengakibatkan semakin banyak pula keluarga yang memiliki komputer di rumah mereka. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan bantuan sebuah komputer, seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, mengatur keuangan keluarga, mendengarkan musik, menonton video, dan bermain games. Bagi keluarga-keluarga di negara maju, komputer juga digunakan sebagai alat untuk berbelanja secara elektronik dengan cara melakukan pemesanan barang secara on-line dan melakukan pembayaran secara elektronik. Barang yang dibeli akan segera diantar ke rumah sehingga pembeli tidak perlu beranjak dari rumah.
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi, terutama komputer dan internet sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang.
Komputer dan jaringan komputer (intranet dan internet) memberikan kemudahan bagi para pemakai internet. Para pemakai internet dapat memperoleh pengetahuan baru dari internet
Komputer banyak digunakan di kantor-kantor untuk membantu pekerjaan karyawan.
Dalam bidang teknik sipil, komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD) dan AUTOCAD. Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain rumah dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi).Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peran TIK dalam bidang industri dan manufaktur sangat besar, di antaranya adalah sebagai berikut.
a. Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dan tepat (akurat).
b. Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga  mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia.
Bidang teknik dan teknologi sejak awal merupakan bidang yang paling banyak memanfaatkan sistem komputer sebagai alat mama para ilmuwan untuk menunjang pekerjaannya. Hal ini dikarenakan pekerjaan dan perhitungan yang rumit dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan akurat. Penelitian dan riset yang dapat membahayakan manusia dan membutuhkan biaya besar kini dapat disimulasikan oleh komputer.Sebagai contoh, dalam menghitung rencana anggaran biaya (RAB),kita dapat menggunakan komputer sehingga hasil penghitungganya lebih akurat dan cepat selsesai.


0 komentar to "Manfaat Teknologi Informasi dalam Sipil"

Poskan Komentar

FOLLOWER

Sample Text

MENUNGGU KESUKSESAN ADALAH TINDAKAN BODOH YANG SIA - SIA

INFO Bermanfaat

--------AREMANIA UNEJ----------

--------AREMANIA UNEJ----------

Entri Populer

Translate

Web hosting for webmasters